4.05.2012

Kata-kata Salah Arti yang Sering Kita Pakai



Dulu dan beberapa minggu yang lalu saya sempat lihat post di beberapa situs tentang kata-kata yang sudah pasaran dan sering sekali kita pakai namun ternyata kita salah mengartikan maknanya selama ini. Kali ini saya juga akan posting tentang kata-kata tersebut yang saya dapat dari berbagai sumber. Mau tau apa aja? Cekidot!

1. Absen
Untuk teman-teman mahasiswa, pasti pada sering menggunakan kalimat ini, "Gue ntar gak masuk. Titip absen ya." Sebenarnya kalimat itu jelas salah, karena makna absen itu sendiri adalah tidak hadir. Memang sih, sesama kita memang sudah paham kalau titip absen itu artinya minta ditandatangani, tapi secara bahasa Indonesia, maknanya jelas berbeda 180 derajat. :p

2. Acuh
Dalam lirik lagu, sering kita temui kalimat seperti ini, "Kau acuhkan aku." dan makna yang kita tangkap adalah, "Kau tak mempedulikan aku." Arti dari kata acuh yang sebenarnya adalah peduli. Jadi kalimat yang sama artinya dengan "Kau tak mempedulikanku." adalah "Kau tak mengacuhkanku.".

3. Bergeming
Orang-orang sering ngomong kalimat begini, "Ia diam tak bergeming." tentu kalian sudah tahu makna dari kalimat tersebut, bukan? Sebenarnya, arti dari kata bergeming itu sendiri adalah diam tak bergerak. Jadi kalau kita sebut kalimat "Ia diam tak bergeming." berarti orang itu bisa jadi lagi joget atau jungkir balik gitu.. :p

4. Senonoh
Senonoh itu punya arti perbuatan tidak terpuji. Sementara kita selama ini menggunakan kalimat "tidak senonoh", nah kalau udah tahu artinya begitu, berarti arti kalimat perbuatan tidak senonoh menjadi perbuatan terpuji. :p

5. Sekadar
Kata ini sering kali kita gunakan dengan tulisan begini, "Sekedar." tapi jika kalian rajin membaca, mungkin kalian sudah tahu bahwa yang benar adalah "sekadar", bukan sekedar.

6. Anarki, Anarkis, Anarkisme, Anarkistik
Nah ini yang terakhir. Anarki sering dikaitkan dengan tindakan kerusuhan dan perusakan, sebenarnya ini salah. Perusakan, kerusuhan dan sebagainya itu merupakan arti dari kata vandal. Sedang arti anarki sendiri adalah hal tidak adanya pemerintahan, undang-undang, peraturan, atau ketertiban, serta kekacauan dalam suatu negara, sedangkan orang yang melakukan tindak anarki disebut anarkis. Ada pula anarkisme yaitu faham atau ajaran tentang peniadaan atau pembatalan kontrol kekuasaan pada masyarakat atau negara. Dan anarkistik berarti sesuatu yang bersifat anarki, anarkistik merupakan kata sifat.


Nah, postingan kali ini kayaknya segini aja. Untuk kata-kata lain, silahkan cari di Mbah Gugel saja, di sana ada banyak. Hahaha.. Semoga bermanfaat dan jangan salah kaprah lagi, yaaa.. ;)
Post a Comment