9.21.2012

5 cm The Movie


Tadi pagi ketika baru bangun, seperti biasa hal yang pertama kali saya lakukan adalah mengecek ponsel. Saya rasa bukan hanya saya saja yang langsung membuka ponselnya ketika baru bangun tidur. Ini semacam menjadi rutinitas, atau bahkan mungkin sudah kebiasaan yang mendarah daging bagi masyarakat jaman sekarang. Entah itu memang ada yang dilihat jika memang ada pesan yang masuk selagi tidur atau hanya sekadar melihat-lihat isi BlackBerry Messenger dan timeline Twitter saja. Lalu dimana korelasi antara judul post kali ini dengan mengecek ponsel ketika baru bangun tidur? Hal yang saya dapatkan ketika membuka ponsel pagi ini adalah info terbaru dari display picture dan personal  message teman lama saya di BlackBerry Messenger; 5 cm akan difilmkan.

Mungkin ada sebagian orang yang sudah tahu apa itu 5 cm, ada juga yang sudah tahu bahwa 5 cm sedang dalam proses produksi film, bisa jadi ada yang sama sekali tidak tahu apa itu 5 cm. Saya sendiri ketika melihat news ini, sejujurnya belum tahu sama sekali 5 cm itu apa. Namun dikarenakan foto pada display picture yang saya anggap menarik; siluet 5 orang sedang mendaki sebuah gunung, saya langsung penasaran dan langsung mencari tahu apa 5 cm ini. Poster filmnya sangat memancing rasa ingin tahu saya yang kadang suka berlebihan ini.


Dari hasil pencarian singkat dan mendadak saya tadi pagi, saya banyak mendapati di internet bahwa 5 cm ini adalah sebuah novel best seller karya Donny Dhirgantoro. Dari beberapa sumber yang saya baca, novel ini bukan novel baru, melainkan sudah rilis sejak November 2007. Saya agak terkejut juga karena sebagai seseorang yang bisa dibilang suka membaca, saya sama sekali tidak pernah mendengar kabar tentang novel ini. Sebegitu tidak up to date kah saya?

Dari beberapa resensi novel yang saya baca sekilas tentang novel ini, 5 cm mengisahkan tentang persahabatan lima orang anak manusia yang memiliki impian dan obsesi masing-masing yaitu Arial, Riani, Zafran, Ian dan Genta. Mereka sudah bersahabat selama tujuh tahun. Namun suatu ketika ada titik jenuh yang mereka dapati ketika mereka selalu berbagi waktu berlima, munculah ide untuk tidak saling berkomunikasi satu sama lain sekitar tiga bulan lamanya. Setelah mereka menjalani masa tiga bulan itu tanpa saling kontak, timbul rasa kangen yang berlebihan ketika mereka kembali berkumpul. Dari rasa kerinduan inilah mereka memutuskan untuk merayakannya dengan mengadakan pendakian bersama ke puncak tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru. Dari perjalanan inilah mereka menemukan arti hidup dan kehidupan yang sebenarnya, memberikan mereka banyak perubahan dalam hidup dan menjadikan mereka manusia yang punya arti, bukan hanya sekadar manusia yang bisa bernapas, berjalan, berbicara dan punya nama. Perjalanan ini menjadikan mereka orang-orang yang benar-benar berbeda.


Sebenarnya sudah ada persiapan sejak 2010 mengenai pembuatan film ini, bahkan pada Oktober 2008, Soraya Films sudah membeli hak untuk mengangkat novel ini ke layar lebar. Namun lumayan banyak muncul pertanyaan, mengapa film ini belum juga sampai sekarang rilis bahkan baru akan rilis akhir tahun ini. Menurut pernyataan Donny Dhirgantoro sendiri, ia ingin menjadikan film ini sebuah film yang bagus, maka ia benar-benar memilih film maker yang cocok dan tidak akan mengecewakan penonton film ini nantinya. Dari sana didapatilah Rizal Mantovani yang akhirnya membesut film ini yang sudah menyutradari sekitar 15 film. Rizal sendiri menggunakan Fedi Nuril sebagai Genta, Herjunot Ali sebagai Zafran, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian, Denny Sumargo sebagai Arial dan Pevita Pearce sebagai Arinda dalam jajaran para tokoh utama film ini.


5 cm The Movie ini diproduksi oleh Soraya Intercine dengan Sunil Soraya sebagai produser. Semua orang yang terlibat dalam produksi film ini menginginkan 5 cm akan menjadi sebuah film yang benar-benar berkulitas sehingga dibutuhkan sebuah proses produksi yang sangat matang dan memakan waktu yang cukup lama. Film yang dibuat persis dengan novelnya ini bertemakan tentang persahabatan, petualangan, filosofi kehidupan dan nasionalisme.


Berikut beberapa foto produksi film yang saya dapat dari Twitter resmi 5 cm The Movie.





Dukunglah perfilman anak bangsa dengan menonton film ini di bioskop pada 12 Desember 2012. Semoga tidak mengecewakan para penikmat film Indonesia.




Ps. Untuk informasi lebih lanjut mengenai film ini dapat dilihat di sini, di @5cmthemovie, dan di akun Twitter pribadi Donny Dhirgantoro yaitu @Donny5cm
Post a Comment