10.05.2012

Main Musik Gelas



Robert Tiso memainkan Toccato and Fugue in D minor milik JS Bach menggunakan satu set Glass Harp

Sudah sekitar beberapa bulan ini, televisi sering menyuguhkan iklan dari salah satu produk susu anak yang isinya ada seorang anak kecil sedang memainkan musik yang dihasilkan dari gelas yang berisi air. Lalu saya iseng-iseng melakukan pencarian publik tentang komentar masyarakat akan iklan tersebut. Ternyata banyak dari masyarakat yang menyangka bahwa iklan tersebut bohongan. Mana mungkin bisa menghasilkan suara bernada dari gelas berisi air yang digesek-gesekan begitu?

Tentu saja iklan itu tidak bohong. Sebelum saya melihat iklan itu pun saya sudah pernah tahu bahwa memang ada teknik main musik seperti itu. Ya, alat musik ini bernama Glass Harp. Glass Harp merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara menggesek-gesekan jari tangan yang basah pada bibir gelas anggur yang berisi air.


Glass Harp adalah dasar inspirasi dari pembuatan alat musik Glass Harmonica. Glass Harmonica atau Harmonika Kaca merupakan alat musik yang terusun dari mangkuk-mangkuk kaca yang menyerupai gelang yang disusun dan berisi air. 
Pada awalnya, alat musik ini erat kaitannya dengan kultur budaya orang Eropa yang hobi sekali meminum wine dengan gelas kaca. Secara tidak sadar, mereka menggesekan jari yang basah pada bibir gelas dan menghasilkan suara. Para musisi apda jaman itu kemudian bereksperimen untuk menciptakan nada dengan membedakan ukuran gelas wine yang digunakan serta ketinggian air di dalam gelas.

Richard Poekrich, seorang musisi dari Irlandia merupakan orang yang mempopulerkan Glass Harmonica yang juga biasa disebut Armonica. Sekitar tahun 1740an, ia mulai aktif melakukan pementasan dengan menggunakan media beberapa gelas yang masing-masing berisi air dengan takaran yang berbeda untuk menghasilkan nada yang berbeda. Hal ini ia beri nama sebagai Angelic Organ. Kemudian penemuan musik gelas ini semakin berkembang pesat berkat Benjamin Fraklin, salah seorang founding father dari Amerika.  Franklin kemudian tergerak untuk mengembangkan alat musik ini sehingga lebih praktis dimainkan. Ia lantas meminta bantuan kepada seorang ahli pembuat gelas bernama Charles James untuk membuatkan beberapa mangkuk kaca yang menyerupai gelang dimana dibuat lupang pada bagian tengah, kemudian mangkuk-mangkuk tersebut disusun berdasarkan urutan nada dari yang terendah hingga nada tinggi pada sebuah mesin yang bentuknya mirip dengan mesin jahit konvensional yang dilengkapi dengan pedal kaki agar mangkuk gelas tersebut dapat berputar ketika pedal dipijak. Lingkaran pada masing-masing mangkuk dicat dengan warna tertentu sebagai patokan nada.

Mangkuk berisi kaca yang disusun
Alat musik Glass Harp sendiri sebenarnya bisa kita buat sendiri di rumah terlepas kita seorang musisi atau bukan. Kita hanya membutuhkan gelas anggur, air dan chromatic tuner untuk mengukur apakah pitch yang dihasilkan tinggi atau rendah sehingga kita dapat menyesuaikan harus berapa banyak air yang kita isi ke dalam gelas untuk menghasilkan nada yang kita inginkan.

Berikut adalah langkah-langkah membuat Glass Harp:
1. Siapkan beberapa gelas anggur dengan ukutan yang berbeda-beda. Gelas yang dipakai harus gelas yang terbuat dari kaca dan cukup tipis agar suara yang dihasilkan nyaring.
2. Isi gelas dengan air lalu dibunyikan. Lihat ke chromatic tuner apakah nada yang diinginkan sudah pas atau belum. Jika belum, sesuaikan ketinggiannya agar tercapai nada yang diinginkan dengan mengurangi atau menambahkan air ke dalam gelas.
3. Lakukan hal yang sama (point 2) pada gelas lainnya untuk nada yang berbeda-beda.
4. Satu set Glass harp sudah jadi. Jangan lupa sediakan tempat air untuk membasahi jari ketika memainkannya. Ketika memainkan Glass Harp, lama-kelamaan jari akan menjadi kering. Keadaan jari yang sedang memainkan Glass Harp harus selalu berada dalam keadaan basah. Jangan membasahi jari dengan air yang ada di dalam gelas Glass Harp karena akan mempengaruhi nada  yang keluar dari Glass Harp itu sendiri.


Jadi bagaimana, sekarang sudah tidak curiga lagi kan bahwa anak yang main musik gelas dari iklan itu hanya sebuah penipuan? Selamat mencoba membuat dan memainkan Glass Harp, guys!
Sumber: Glass Harmonica: Antara Sains dan Seni Musik; Armonica: The Devil's Instrument
Post a Comment